ANALISIS MANAJEMEN STRATEGIK
PT LION WINGS
Disusun Guna Memenuhi
Tugas Kelompok Mata Kuliah Manajemen
Strategik
Dosen
pengampu : Rini Setyo Witiastuti, SE, MM
Disusun
Oleh:
Ade Rinaldi (7311413186)
Istiana (7311413220)
JURUSAN MANAJEMEN
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS
NEGERI SEMARANG
2015
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
PT
Lion Wings merupakan perusahaan yang bergerak dibidang bisnis toiletries. Perusahaan
besar ini bermarkas di Surabaya mulanya hanya usaha kecil berskala home
industry, yang didirikan Johannes Ferdinand Katuari (Oen Jong Khing) dan
kerabatnya Harjo Sutanto (Tan Siek Miauw) pada tahun 1948. Perusahaan tersebut
diberi nama Fa Wings, mula-mula membangun pabrik kecil di pinggiran Surabaya,
memproduksi sabun cuci deterjen (sabun colek).
Sejak tahun 1971 Fa Wings berganti
baju menjadi PT Wings Surya. seiring dengan perubahan itu, Wings pun masuk ke
level tinggi dalam mengembangkan bisnisnya dan merambah ke berbagai sektor
bisnis. Meski bermain di sektor bisnis, jantung Grup Wings adalah industri
sabun yang merupakan bisnis fast moving consumer goods (FMCG)
yang selama ini menjadi core business-nya, kinerja pemasaran
Wings tetap cemerlang.
Pada tahun 1981, Grup Wings bekerja
sama dengan perusahaan Jepang yakni Lion Corporation yang sudah berdiri sejak
tahun 1891. Lion Corporation memiliki pengalaman yang panjang di Asia.
Kerjasama dua perusahaan besar tersebut membentuk PT Lioninjaya.
Seiring dengan perubahan komposisi
kepemilikan saham, pada tahun 2004, PT Lioninjaya berganti nama menjadi PT Lion
Wings. Nama ini mencerminkan betapa perusahaan terus berkembang. Dengan
menyandang nama baru, perusahaan berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan
pelanggan dan konsumen dengan lebih baik lagi.
Tujuh windu kemudian sejak
berdirinya perusahaan, industri sabun batangan rumahan yang mereka dirikan
beranak-pinak menjadi kerajaan bisnis yang membawahkan sekitar 70 perusahaan
yang bergerak dari hulu ke hilir di banyak industri. Pasar ekspornya telah
menembus 90 negara lebih, sementara jumlah tenaga kerjanya telah mencapai 12
ribu orang lebih.
Setelah 55 tahun berdiri, Fa Wings
berubah total menjadi Grup Wings yang meraksasa seperti sekarang. Meskipun
tetap mempertahankan bisnis utamanya memproduksi sabun colek (toiletries),
Wings kini telah merambah ke berbagai usaha mulai dari bidang perbankan,
makanan dan minuman, perkebunan, bahan bangunan hingga properti.
1.2.Rumusan Masalah
1.
Apa Visi, Misi,
Tujuan, dan Strategi PT Lion Wings?
2.
Bagaimana
Pengembangan Visi Misi PT Lion Wings?
3.
Bagaimana
Identifikasi Peluang dan Tantangan PT Lion Wings?
4.
Bagaimana
Matriks EFAS pada PT Lion Wings?
5.
Bagaimana
Perbandingan Perusahan PT Lion Wings dengan Perusahaan Pesaing Sejenis?
6.
Bagaimana
Identifikasi Kekuatan dan Kelemahan PT Lion Wings?
7.
Bagaimana Matriks
IFAS pada PT Lion Wings?
8.
Bagaimana
Analisis SWOT dan Analisis BCG pada PT Lion Wings?
9.
Bagaimana
Rekomendasi Strategi Spesifik dan Tujuan Jangka Panjang?
10. Bagaimana Rekomendasi Tersebut Diaplikasikan dan Hasil
yang Seperti Apa yang Diharapkan?
11. Bagaimana Rekomendasi Tujuan Tahunan Spesifik dan
Kebijakan PT Lion Wings?
12. Bagaimana Rekomendasi Tahapan-tahapan untuk Review dan
Evaluasi Strategi?
1.3.Tujuan
1.
Untuk Mengetahui
Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi PT Lion Wings.
2.
Untuk Mengetahui
Pengembangan Visi Misi PT Lion Wings.
3.
Untuk Mengetahui
Identifikasi Peluang dan Tantangan PT Lion Wings.
4.
Untuk Mengetahui
Analisis Matriks EFAS pada PT Lion Wings.
5. Untuk Mengetahui
Perbandingan Perusahan PT Lion Wings dengan Perusahaan Pesaing Sejenis.
6.
Untuk Mengetahui
Identifikasi Kekuatan dan Kelemahan PT Lion Wings.
7.
Untuk Mengetahui
Analisis Matriks IFAS pada PT Lion Wings.
8.
Untuk Mengetahui
Analisis SWOT dan Analisis BCG pada PT Lion Wings.
9.
Untuk Mengetahui
Rekomendasi Strategi Spesifik dan Tujuan Jangka Panjang.
10. Untuk Mengetahui Rekomendasi itu dapat Diaplikasikan
dan Hasil yang Seperti Apa yang Diharapkan.
11. Untuk Mengetahui Rekomendasi Tujuan Tahunan Spesifik
dan Kebijakan PT Lion Wings.
12. Untuk Mengetahui Rekomendasi Tahapan-tahapan untuk
Review dan Evaluasi Strategi.
1.4.Manfaat
1.Penulisan
makalah ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi tambahan bagi yang membutuhkan dan bagi mahasiswa khususnya.
2. Penulis
mengaharapkan tulisan ini bisa menjadi suatu pemaparan yang dapat memberikan
informasi mengenai bagaimana Strategi PT Lion Wings dalam menghadapi persaingan
pangsa pasar yang semakin kompetitif.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1.Identifikasi Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi PT Lion
Wings
- Visi dan Misi
Visi
" "Visi 2020" perusahaan yang baru menetapkan
tujuan-tujuan sampai tahun 2020, yang dilaksanakan sejak tahun 2012 melalui
rencana manajemen jangka menengah tiga tahunan "
Misi
4 strategi untuk mencapai Visi 2020 :
· Membangun Merek
yang kuat melalui inovasi, kualitas, konsistensi,dan keunggulan kompetitif,
·
Pertumbuhan
kualitatif melalui peningkatan jejaring dan tantangan-tantangan baru,
· Mengembangkan
nilai-nilai usaha baru yang memberikan kontribusi bagi kesehatan penduduk, gaya
hidup, dan masyarakat yang berkelanjutan,
· Menyempurnakan
kompetensi pembelajaran perusahaan melalui SDM yang kuat dengan meningkatkan
kualitas kehidupan karyawan.
- Tujuan
·
Memproduksi
produk-produk berkualitas Internasional dengan harga yang ekonomis.
· Memenuhi
keperluan sehari-hari dan memperkaya kehidupan umat manusia yang menawarkan
nilai tambah maksimum senantiasa untuk mengantisipasi keinginan konsumen.
- Strategi
Strategi yang dilakukan perusahaan ini
sebelum berganti nama menjadi PT Lion Wings yaitu dengan membentuk sinergi dari
dua konglomerat, yakni Lion
Corporation dari Jepang dan Wings Group dari Indonesia. Dengan menggabungkan
kedua kekuatan tersebut bersama dan memiliki sejarah sepanjang lebih dari 150
tahun, diharapkan mampu menjadi perusahaan yang mampu tetap bertahan dalam
menghadapi persaingan pasar. Perusahaan ini mengembangkan produknya dengan penelitian yang
maju serta pusat pengembangan, teknologi terkini dan fasilitas produksi
terbaru, untuk memberikan kepada para pelanggan dengan rangkaian lengkap
produk-produk kelas dunia.
Pendistribusian produk dilakukan di
seluruh lima benua, melalui kerjasama dengan para mitra dan distribusi
eksklusif pada lebih 100 negara spanning
the globe. Strategi yang dilakukan agar dapat menguasai pangsa pasar yaitu
pemberian harga pada setiap produk yang ditawarkan dengan menawarkan harga yang
sangat bersaing (cost focus) dan
komitmen untuk memberi dukungan dalam setiap aspek sumber daya manusia.
2.2.Identifikasi
Pengembangan Visi Misi PT Lion Wings
Visi PT Lion Wings sudah mencerminkan
dan menggambarkan tujuan atau impian yang ingin dicapai perusahaan dalam jangka
waktu panjang yaitu dengan realisasi tujuan ini dimulai tahun 2012 s.d. 2020.
Visi ini sudah jelas dalam perencanaan
perusahaan di masa depan baik dalam waktu
pencapaian target tujuan yang diinginkan perusahaan
maupun cara mewujudkannya juga sudah dijabarkan
dalam misi perusahaan. Selain itu, penyusunan
visi dan misi PT Lion Wings juga dirumuskan dengan mempertimbangkan perspektif
pihak-pihak yang terkait dengan perusahaan seperti pegawai, investor, rekanan
bisnis, kompetitor, dan pasar.
2.2.1. Pengembangan
Visi
PT Lion Wings ingin menjadi
perusahaan yang mampu memproduksi produk-produk berkualitas Internasional
dengan harga yang ekonomis sehingga mampu menjadi market leader dan menguasai
pangsa pasar dengan menjalankan operasi bisnis dengan strategi yang telah
ditatapkan perusahaan.
2.2.2. Pengembangan
Misi
1.
Pelanggan
Perusahaan mendapatkan kesetiaan pelanggan, karena PT
Lion Wings setelah berganti nama berkomitmen untuk mengutamakan pelanggan
dengan meberikan nilai lebih pada pelanggan melalui inovasi produk yang
berkualitas tinggi.
2.
Produk atau Jasa
Produk utama PT Lion Wings adalah produk toiletries, perusahaan ini mulai
merambah ke berbagai usaha mulai dari bidang perbankan, makanan dan minuman,
perkebunan, bahan bangunan hingga properti. Perusahaan dalam memproduksi produk
yang berkualitas tinggi berguna untuk masyarakat dengan mendistribusikan dan
memasarkan produk yang dilakukan oleh PT Sayap Mas Utama dan PT Wings Surya
dalm pendistribusian wilayah Indonesia bagian Barat dan Timur serta PT Lionindo
Jaya (patungan dengan Lion Corp, Jepang) yang melakukan pendistribusisan di
berbagai negara. Sehingga masyarakat dapat mengkonsumsinya dengan harga yang terjangkau.
3.
Pasar
Fokus utama PT Lion Wings adalah pasar Asia khususnya
Indonesia, selain itu perusahaan ini juga berekspansi ke Rusia, Kanada, New
Zeland, Asia Timur, dan Afrika melalui kerjasama dengan para mitra dan
distribusi eksklusif, di lebih dari 100 negara spanning the globe.
4.
Teknologi
PT Lion Wings memiliki kemampuan teknologi dalam
ramuan kimia, seperti salah satunya produk pasta gigi Systema Advance Oral Care
System yaitu pasta gigi yang diproduksi berteknologi nano. Adanya penggunaan
teknologi yang modern dalam melakukan pengembangan produk adalah sebagai wujud
untuk memahami kebutuhan konsumen.
5.
Perhatian akan
Keberlangsungan, Pertumbuhan, dan Profitabilitas
PT Lion Wings menerapkan policy untuk perbaikan terus menerus dalam kualitas produk,
efisiensi produksi, disiplin waktu, konsistensi dalam kualitas. Perusahaan melayani
kebutuhan pelanggan dan menjalankan operasinya secara hati-hati dengan
mengupayakan keuntungan perusahaan tetapi juga mempertimbangkan keuntungan
pelanggan, pekerja, dan investor, serta masyarakat pada umumnya.
6.
Filosofi
Kepercayaan konsumen terhadap produk PT Lion Wings
dibuktikan dengan penerimaan produk-produk di sebagian besar pasar di seluruh
dunia hal ini terjadi karena kualitas produk, harga yang sangat bersaing, dan
komitmen untuk memberi dukungan dalam setiap aspek sumber daya manusia. PT Lion
Wings dalam meningkatkan pertumbuhan dengan berkomitmen meningkatkan komunikasi
terpadu pada berbagai lini media seperti iklan tv, radio, media cetak, digital
marketing dan event.
7.
Konsep Diri
Meskipun perusahaan ini milik keluarga tetapi
perusahaan ini mengelola bisnisnya secara profesional dengan menggunakan tenaga
ahli yang professional pula. Kemampuan khusus PT Lion Wings adalah selain harga
produk yang terjangkau juga menguasai industri hulu alkylbenzene (bahan baku deterjen), sehinggga perusahaan mampu
menghadapi persaingan yang kompetitif. Perusahaan menjadi produsen alkylbenzene yaitu bahan baku utama
deterjen terbesar di Asia Pasifik lewat PT Unggul Indah Cahaya.
8.
Perhatian akan
Citra Publik
Perusahaan memberikan responsif kepada sosial,
masyarakat, dan lingkungan yang baik. Misalnya saja sering mengadakan kegiatan
dengan masyarakat seperti salah satunya aksi
makan gratis bayar dengan cuci piring, mengadakan acara Dangling atau dangdut
keliling. Perusahaan mengadakan Photo
Competition dengan Tema “Proud To Be
Indonesian” pada Hari Kemerdekaan RI, hal ini menunjukkan bahwa PT Lion
Wings mengajak masyarakat Indonesia untuk menunujukkan kebanggan terhadap
Indonesia serta mengadakan pengobatan gratis dan donor darah.
9.
Perhatian kepada
Karyawan
Berdasarkan misi perusahaan poin 4 bahwa
“Menyempurnakan kompetensi pembelajaran perusahaan melalui SDM yang kuat”,
artinya SDM atau karyawan dalam PT Lion Wings diperhatikan dengan melakukan
pengembangan SDM dan fokus pada human
resource.
2.3.Identifikasi
Peluang dan Tantangan pada Lingkungan Eksternal
1. Kesempatan (Opportunities)
PT Lion Wings dapat menghasilkan produk-produk yang menjadi
kebutuhan pokok bagi konsumen masyarakat pada umumnya. Kelebihan dari
produk-poduk PT Lion Wings tersebut adalah kualitas yang tinggi dengan harga
relatif terjangkau oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Dengan begitu PT
Lion Wings dapat meraih pangsa pasar yang cukup besar.
2.
Ancaman
(Threats)
PT Lion Wings juga memiliki beberapa
perusahaan pesaing yang memiliki produk sejenis seperti PT Unilever, PT Kao,
dan Perusahaan P&G. Meskipun sebagian besar produknya seperti meniru
para market leader, hal tersebut merupakan bagian dari strategi PT Lion Wings
untuk menghadapi para kompetitornya.
Identifikasi
PT Lion Wings
terlihat cukup jeli dalam mengamati pasar dan seolah juga sangat memahami
kebutuhan masyarakat Indonesia yang menginginkan produk yang berkualitas baik
dengan harga yang terjangkau. Namun, PT Lion Wings cenderung meniru
produk-produk yang sudah ada dan booming sebelumnya dari perusahaan sejenis hal
inilah yang membuat Image yang sudah tercipta cenderung lebih negatif. PT Lion
Wings harus selalu berinovasi dalam menciptakan sebuah produk, terus melakukan
pengembangan terhadap produk yang sudah ada dan selalu berusaha mengikuti
perkembangan zaman serta memahami kebutuhan masyarakat modern yang kian waktu
kian konsumtif dan cenderung lebih selektif terhadap suatu produk yang akan
dibeli karena di pasaran produk sejenis dapat diperoleh dengan berbagai macam
merk yang cukup kompetitif dalam segi penjualan produknya karena kualitasnya
bersaing.
2.4.External
Factor Analysis Summary-EFAS
2.5.Perbandingan
dengan Perusahaan Lain yang Sejenis
Matriks Profit Kompetitif
Perusahaan
Unilever, Procter & Gamble (P&G), dan PT Lion Wings merupakan perusahaan yang fokus pada industri
toiletries yang menjadi pemain besar menguasai pasar. Perusahaan Unilever dan
P&G adalah pemain pertama dan kedua sebagai perusahaan multinasional. Pemain
ketiga adalah perusahaan lokal dan pasar ekspor yaitu PT Lion Wings yang mampu
bersaing dengan perusahaan yang berfokus pada industri toiletries dunia. PT
Lion Wings mampu bersaing karena pertama, menghasilkan produk yang terjangkau
masyarakat luas. Kedua, kuat dalam jaringan distribusi sehingga ketika
meluncurkan produk baru lebih mudah dengan dukungan distribusi yang luas dan
dalam. Ketiga, menguasai industri oleochemical
sehingga industri toiletries bisa dikuasai dan menguasai pula bisnis hulunya.
Hampir
seluruh produk PT Lion Wings meniru dan mengekor pada market leader yang salah satunya adalah perusahaan Unilever inilah
yang membuktikan bahwa perusahaan Unilever lebih unggul karena sudah
berpengalaman kurang lebih selama 71 tahun dengan perkembangannya yang sangat
pesat.
Perusahaan
Unilever mempunyai keunggulan dalam pemsaran, produk-produk yang inovatif dan
pangsa pasar yang besar.Tetapi hal tersebut merupakan bagian dari strategi PT Lion
Wings untuk menghadapi para kompetitornya. Selain itu, keunggulan sekaligus
senjata PT Lion Wings untuk merebut pasar adalah menawarkan produknya dengan
kualitas dan harga yang lebih murah. Bahkan perusahaan ini makin menunjukkan
dominasinya karena memiliki bidang usaha pendukung, seperti produksi bahan
kimia, pabrik kemasan, biro iklan, yang belum sepenuhnya dimiliki perusahaan-perusahaan
multinasional. Perusahaan P&G diberikan peringkat terendah karena produk
yang ditawarkan lebih mahal. Namun dalam segi berekspansi global perusahaan
P&G lebih unggul.
2.6.Identifikasi
Kekuatan dan Kelemahan
1. Kekuatan (Strengths)
Kekuatan PT Lion Wings menurut pakar
pemasaran Hermawan Kartajaya terletak pada modal yang cukup, kemampuan
teknologi dalam ramuan kimia, mitra yang strategis dan pemahaman besar terhadap
pasar Indonesia. Seorang pengamat pemasaran mengatakan, kalau ingin menjadi
follower yang sukses, contohlah Wings. Hampir seluruh produk Wings memang
mengekor market leader. Senjata andalan Wings merebut pasar (selain kualitas)
terutama adalah harga yang lebih murah.
2. Kelemahan (Weaknesses)
PT Lion Wings sering di-cap sebagai
perusahaan “Me too” karena sebagian
besar produknya adalah untuk menantang Market Leader. Misalnya, Mie Sedaap
melawan Indomie, Detergen So Klin melawan Rinso, Daia melawan Surf, Boom
melawan BuKrim, Nuvo untuk Lifebuoy, sabun Giv untuk Lux, shampo Zinc vs Clear,
Ale-ale untuk Frutang, Segar Dingin untuk Lasegar, So Klin Pelembut menantang Molto,
Smile Up dengan Close Up, Viton melawan Pocari dan lain-lain. Sehingga PT Lion
Wings dapat dikatakan minim inovasi dalam meluncurkan produk baru.
2.7.Internal
Factor Analysis Summary-IFAS
Matriks Internal Eksternal
Berdasarkan
analisis matrik internal eksternal PT
Lion Wings berada di area V yaitu pada sikap
mempertahankan dan memelihara. PT Lion
Wings dapat menerapkan strategi dengan mempertahankan
posisinya sebagai pemimpin pasar serta mempertahankan kesuksesan pada bisnis PT Lion Wings dengan
selalu melakukan inovasi serta memelihara aset perusahaan.
2.8.Strategi
Perusahaan
1. Analisis
SWOT
Kelebihan dan Kekurangan Strategi Perusahaan:
Analisis SWOT.
Kelebihan, Perusahaan mampu mengidentifikasi kekuatan yang dimiliki sebagai
instrument untuk melihat peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan.
Kelemahan yang dimilki dapat diidentifikasi oleh perusahaan hingga hal tersebut
menjadi kekuatan bagi perusahaan. Kekurangan, Perusahaan tidak dapat melihat
ukuran dari setiap kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang terjadi dari segi kuantitatif.
Analisis BCG.
Kelebihan, Mengetahui produk mana yang masih dapat
bersaing, tidak tumbuh, dan hampir likuidasi. Kekurangan, Perusahaan hanya
mengetahui produk mana yang masih mempunyai prioritas tinggi dalam pasar dan
mana yang sudah tidak dapat bersaing, namun tidak dirumuskan secara jelas
identifikasi untuk mengatasi masalah tersebut.
2.
Analisis BCG
Matriks BCG PT Lion Wings
·
Star (Bintang), Kategori ini adalah pemimpin pasar
namun bukan berarti akan memberikan arus kas positif bagi perusahaan, karena
harus mengeluarkan banyak uang untuk memenangkan pasar dan mengantisipasi para
pesaingnya. Bisnis yang sedang naik daun atau menjadi star pada PT Lion Wings adalah bisnis makanan, yakni Mie
Sedaap, yang mempunyai riwayat penjualan dalam
waktu kurang dari setahun dari peluncuran perdana bulan April 2003 telah
merebut pangsa pasar Indofood sebesar 12%. Dari total pasar mie instan Rp 8 triliun/tahun maka Wings telah
mengantongi Rp.864 miliar, angka yang sangat fantastis untuk sebuah produk
baru.
·
Question Mark (Tanda Tanya), Posisi ini memiliki posisi pangsa pasar
relatif yang rendah, tetapi mereka bersaing dalam industri yang bertumbuh
pesat. Biasanya kebutuhan kas perusahaan ini tinggi dan pendapatan kasnya
rendah. Bisnis ini disebut tanda tanya karena organisasi harus memutuskan
apakah akan memperkuat divisi ini dengan menjalankan strategi intensif
(penetrasi pasar, pengembangan pasar, atau pengembangan produk) atau
menjualnya. Bisnis yang tergolong dalam question mark pada PT Lion Wings adalah industri hulu yang berupa
perkebunan kelapa sawit yang menghasilkan crude palm oil yang diekspor ke
berbagai negara.
·
Cash Cow (Sapi Perah), Pada posisi ini perusahaan memiliki
pangsa pasar relatif yang tinggi tetapi bersaing dalam industri yang
pertumbuhannya lambat. Bisnis yang tergolong dalam cash cow pada PT Lion Wings
adalah bisnis fast moving consumer goods atau produk toiletries. Pengembangan produk atau diversifikasi
konsentrik dapat menjadi strategi yang menarik untuk sapi perah yang kuat.
Tetapi, ketika divisi sapi perah menjadi lemah, retrenchment atau divestasi
lebih sesuai untuk diterapkan.
·
Dog (Anjing), Perusahaan pada posisi ini memiliki
pangsa pasar relatif yang rendah dan bersaing dalam industri yang
pertumbuhannya rendah atau tidak tumbuh. Karena posisi internal dan
eksternalnya lemah, bisnis ini seringkali dilikuidasi, divestasi atau dipangkas dengan retrenchment.
Bisnis yang tergolong dog pada PT Lion Wings adalah bisnis di bidang bahan
bangunan dan real estate.
2.9.Rekomendasi Strategi Spesifik dan Tujuan Jangka
Panjang
Strategi Spesifik:
1. Memaksimalkan
kemampuan dan efisiensi SDM untuk menciptakan lingkungan yang lebih kompetitif.
2. Adaptable and fast, Perusahaan
dalam menghadapi perubahan pasar harus dialkukan secara cepat.
3. Melakukan
analisa pasar dengan melihat peluang pasar yang baru untuk menciptakan produk
yang berbeda dengan menggunakan kekuatan perusahaan.
4. Action plan, melakukan
perencanaan secara fokus.
5. Memaksimalkan
teknologi yang ada, agar dapat melakukan pengembangan produk baru.
Tujuan Jangka Panjang:
1.
Konsisten untuk memuaskan kebutuhan konsumen dengan
menciptakan produk yang berkualitas menggunakan teknologi yang modern dan harga
yang ekonomis.
2.
Perusahaan mempertimbangkan perspektif pihak-pihak yang
terkait dengan perusahaan seperti pegawai, investor, rekanan bisnis,
kompetitor, dan pasar dalam memproduksi.
3.
Meningkatkan pertumbuhan distribusi dengan memaksimalkan
PT Sayap Mas Utama dan Wings Surya dalam melakukan pemasaran di Indonesia.
2.10. Spesifikasi Rekomendasi dapat Diaplikasikan
1.
Strategi
Spesifik
·
Memaksimalkan
kemampuan dan efisiensi SDM untuk menciptakan lingkungan yang lebih kompetitif.
Memperkuat SDM yang ada agar mampu membuat inovasi terhadap produk baru yang
belum dilakukan oleh perusahaan pesaing sejenis. Selain itu, SDM juga mampu
memonitorinng lingkungan pasar terhadap peluang pasar dengan menggunakan
kekuatan-kekuatan yang dimilki oleh perusahaan.
·
Adaptable and fast, Perusahaan dalam
menghadapi perubahan pasar harus dialkukan secara cepat. Perusahaan mampu secara cepat memahami perubahan pasar dengan
melihat lensa baru peluang dan ancaman pasar. Perusahaan mampu melakukan
perubahan cepat dalam pengambilan keputusan kolektif dan komitmen.
·
Melakukan
analisa pasar dengan melihat peluang pasar yang baru untuk menciptakan produk
yang berbeda dengan menggunakan kekuatan perusahaan agar dapat menjadi market leader. Perusahaan harus mencari
value baru yang belum dilakukan oleh kompetitor, hal ini dapat dilakukan
melakukan analisa pasar, sehingga dapat diketahui peluang-peluang apa saja yang
ada dan belum dieksploitasi oleh pesaing, dan menggunakan kekuatan perusahaan
untuk mengeksploitasi peluang tersebut, hal ini dapat membedakan strategi
perusahaan dengan perusahaan lain.
·
Action plan, melakukan perencanaan
secara fokus. Perusahaan menentukan prioritas dalam implementasi strategi,
implementasi juga akan membantu menentukan siapa mengerjakan apa, sehingga
tidak ada pengerjaan yang saling tumpang tindih satu sama lain.
·
Memaksimalkan
teknologi yang ada, agar dapat melakukan pengembangan produk baru. Melakukan pengembangan produk baru
dengan teknologi canggih yang sudah dimiliki oleh PT Lion Wings, seperti
pengembangan produk baru dengan kemampuan teknologi dalam ramuan kimia
yang dimilki oleh PT Lion Wings.
Tujuan jangka panjang perusahaan meliputi; Konsisten untuk memuaskan
kebutuhan konsumen denagan menciptakan produk yang berkualitas menggunakan
teknologi yang modern dan harga yang ekonomis, Perusahaan mempertimbangkan
perspektif pihak-pihak yang terkait dengan perusahaan seperti pegawai,
investor, rekanan bisnis, kompetitor, dan pasar dalam memproduksi, Meningkatkan
pertumbuhan distribusi dengan memaksimalkan PT sayap mas utama dan wings surya
dalam melakukan pemasaran di Indonesia. Hal tersebut dapat digunakan sebagai
arah atau pedoman untuk menciptakan produk yang lebih inovatif agar perusahaan
mampu menjadi market leader yang
mempunyai nilai bagi perusaahaan dan masyarakat.
2.11.
Rekomendasi
Tujuan Tahunan Spesifik dan Kebijakan bagi PT Lion Wings
1.
Melakukan pengawasan dan evaluasi finansial secara
simultan.
2.
Memperkuat merk yang kuat melalui inovasi produk dengan
mengelola tiap divisi dan saluran distribusi pada PT Lion Wings secara terarah.
3.
Perusahaan menetapkan target penjualan produk setiap
periode berdasarkan pengalaman.
4.
Perencanaan perusahaan harus dilakukan secara fokus
dengan mengalokasikan sumber daya yang dimilki sesuai dengan prioritas dan
implementasi strategi.
5.
Pemberian kontribusi bagi pihak-pihak yang terkait
dengan perusahaan seperti karyawan, mitra bisnis, pelanggan, dan masyarakat
dengan mengembangkan nilai-nilai usaha baru.
2.12.
Rekomendasi
Tahapan-tahapan untuk Review dan Evaluasi Strategi
Tahapan
dalam melakukan review dan evaluasi strategi dimulai mengkaji ulang perencanaan
yang telah ditetapkan perusahaan, hal ini mencakup tujuan, nilai, harapan yang
akan dicapai oleh perusahaan. Perusahaan yang mampu bersaing secara kompetitif
disadari karena ada faktor utama yang mendukung yaitu adanya sumber daya dalam
perusahaan yang dapat memahami perubahan pasar secara cepat dengan kreativitas
yang dimiliki sehingga akan menciptakan produk baru yang belum dikembangkan
oleh pesaing. Kinerja PT Lion Wings dalam melakukan pengembangan produk kurang
fokus. Hal yang harus dilakukan adalah dalam perencanaan
harus dilakukan secara fokus. Perusahaan menentukan prioritas dalam
implementasi strategi, implementasi juga akan membantu menentukan siapa
mengerjakan apa, sehingga tidak ada pengerjaan yang saling tumpang tindih satu
sama lain.
BAB III
PENUTUP
1.1.Kesimpulan
Berdasarkan
pembahasan dan diskusi yang dilakukan dapat diketahui visi, misi, strategi, dan
tujuan yang intinya PT Lion Wings menetapkan tujuan-tujuan jangka panjang
menggunakan salah satu strategi ampuh dengan menawarkan produk yang berkualitas
dengan harga yang murah. Hal ini dilakukan agar tetap dapat bersaing dengan
kompetitornya hingga perusahaan ini mampu menguasai pasar dengan berbagai
produk yang ditawarkan.
Selain
itu, setelah dilakukan analisis SWOT PT Lion Wings mempunyai keunggulan yaitu
modal yang cukup, teknologi yang modern, menguasai industri bahan baku
deterjen, dan memilki banyak sektor bisnis. PT Lion Wings cukup jeli dalam
mengamati pasar dan memahami kebutuhan masyarakat Indonesia yang menginginkan
produk yang berkualitas baik dengan harga yang terjangkau. Namun, PT Lion Wings
mempunyai kelemahan dan ancaman yaitu kurang inovasi dan kurang fokus dalam
pengembangan produk. Hal inilah yang membuat perusahaan tidak mampu
memaksimalkan kemampuan sumber daya secara efektif. Sedangkan analisis BCG, PT
Lion Wings dengan memilki banyak sektor bisnis, bisnis yang menempati kuadran star ditempati oleh produk makanan (mie
sedaap), posisi question mark
ditempati oleh bisnis perkebunan kelapa sawit yang
menghasilkan crude palm oil yang
diekspor ke berbagai negara, kuadran selanjutnya cash cow ditempati oleh produk toiletries,
dan kuadran terakhir yaitu dog
ditempati oleh bisnis di bidang bahan bangunan dan real estate.
Perusahaan ini dengan menetapkan
strategi-strategi dan tujuan jangka panjang serta tujuan tahunan secara terarah
sesuai dengan kemampuan dan kekuatan-kekuatan yang dimilki oleh perusahaan
untuk melihat peluang dan ancaman pasar secara cepat. Apabila hal ini
diterapkan, maka perusahaan akan mampu mencapai tujuan perusahaan dan PT Lion
Wings akan mampu menguasai pangsa pasar dalam berbagai sektor bisnis yang
dimilki perusahaan.
1.2.Saran
PT Lion Wings harus mampu memahami perubahan pasar
secara cepat dengan menggunakan strategi-strategi dan tujuan yang tepat dan
terarah. Perusahaan agar mampu menguasai pasar dan menjadi market leader yaitu dengan melakukan pengembangan produk secara
fokus dengan mengalokasikan sumber daya yang dimiliki sesuai dengan
prioritas dan implementasi strategi. Selain itu, pengambilan keputusan yang akan dilakukan oleh PT Lion Wings harus
mempertimbangkan perspektif pihak-pihak yang terkait dengan perusahaan seperti
pegawai, investor, rekanan bisnis, kompetitor, dan pasar karena hal ini akan
berpengaruh besar bagi pihak tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
David, F. R., 2008. Strategic Management: Concepts and Cases, Ed. 10. Ter. Ichsan
Setiyo Budi, Jakarta: Salemba Empat.
Solihin, Ismail. 2012. Manajemen Strategik. Jakarta: Penerbit Erlangga
ptwings.blogspot.com (diakses pada 9 September 2015)
www.lionwings.com (diakses pada 9 September 2015)
http://farrah007.blogspot.co.id/2014/07/analisa-pt-wings-group.html (diakses pada 30
November 2015)
http://wehalubis.blogspot.co.id/2014/06/bcg-matrix.html (diakses pada 30 November
2015)

0 komentar:
Posting Komentar